Kiat untuk Manajemen Inventaris yang Sukses

Apakah Anda menjual produk fisik di toko WooCommerce Anda? Maka Anda sudah tahu bahwa manajemen persediaan adalah kunci sukses toko. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan alat yang melampaui dasar-dasar sehingga Anda dapat memenuhi pesanan dengan percaya diri dan cepat.

Mengapa manajemen inventaris tingkat lanjut penting?

Saat Anda mengelola sistem penjualan, semua aliran pendapatan Anda harus bekerja sama secara kohesif. Ini akan menghemat waktu dan uang Anda, memungkinkan Anda untuk mengelola tingkat stok Anda secara efektif, dan memastikan bahwa pelanggan Anda senang. Manajemen persediaan yang efektif berarti bahwa:

  • Anda tidak kehilangan penjualan. Pelacakan inventaris memungkinkan Anda mengelola rantai pasokan secara efektif dan memastikan Anda tidak pernah kehilangan penjualan karena produk kehabisan stok.
  • Pelanggan Anda mempercayai Anda. Jika pelanggan Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan apa yang mereka inginkan, saat mereka menginginkannya, toko Anda akan menjadi yang pertama — dan satu-satunya — berhenti saat mereka melakukan pemesanan.
  • Anda memahami apa yang berhasil untuk bisnis Anda. Melacak inventaris Anda berarti Anda juga melacak pertumbuhan bisnis. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk fokus pada produk terlaris Anda.
  • Anda dapat mengotomatisasi proses bisnis. Jangan buang waktu secara manual memperbarui tingkat persediaan dan mencoba untuk mengisi kembali produk sebelum kehabisan. Dengan mengotomatiskan proses ini, Anda akan jauh lebih efisien.

Siap membawa toko online Anda ke level selanjutnya? Kemudian pastikan manajemen inventaris dan pemenuhan pesanan Anda adalah tingkat atas.

Sinkronkan inventaris dengan lokasi fisik Anda

Salah satu tantangan terbesar dalam mengelola inventaris adalah menyeimbangkan ketersediaan antara etalase online dan toko fisik Anda. Anda dapat mengatasi tantangan ini dengan ekstensi Point of Sale for WooCommerce .

Layar POS WooCommerce di tablet

Bagikan satu antarmuka yang kohesif — dan semua data Anda — dengan toko WooCommerce dan lokasi fisik Anda. Ubah tablet atau ponsel apa pun menjadi stasiun pembayaran, atau gunakan alat seperti pemindai kartu kredit. Terminal tempat penjualan Anda dapat memindai kode batang, memasukkan informasi loyalitas pelanggan, dan menangani perubahan manual seperti diskon dan pengembalian uang dengan mudah.

Saat kedua toko berbagi data WooCommerce yang sama, melacak inventaris Anda adalah hal yang mudah. Anda akan menjaga rantai pasokan Anda mengalir, penjualan terjadi, dan pelanggan senang.

Perbarui secara massal

Toko online terkadang dapat menampilkan ratusan produk, dan melacak inventaris untuk setiap variasi dapat menjadi pekerjaan penuh waktu. Anda tidak ingin harus memperbarui informasi stok secara manual untuk setiap produk saat masuk.

The Massal Manajemen Stock ekstensi membuat mengelola toko Anda jauh lebih mudah. Gunakan operasi massal untuk memperbarui informasi stok untuk beberapa — atau bahkan semua — produk Anda sekaligus. Juga berguna? Fitur laporan inventaris saat ini, yang memberi Anda gambaran terkini tentang apa yang ada di toko Anda.

Otomatiskan pemesanan ulang notifikasi

Tidak ingin menangani sendiri jumlah inventaris harian? Pertahankan staf dukungan Anda dalam lingkaran menggunakan ekstensi Pemberitahuan Lanjutan . 

Anda akan dapat memberi tahu orang yang tepat saat persediaan hampir habis dan sudah waktunya untuk memesan ulang, apakah itu staf Anda sendiri atau pemasok pihak ketiga. Aturan yang mudah memungkinkan Anda mengatur notifikasi untuk berbagai ambang batas dan mengontrol dengan tepat siapa yang menerima notifikasi mana. 

Alih-alih melayang-layang di atas angka sepanjang hari, Anda akan dapat menghabiskan waktu Anda di bagian yang lebih penting dari bisnis Anda, mengetahui bahwa inventaris Anda sedang diurus di belakang layar.

Prediksi masa depan inventaris Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu tahu di mana bisnis Anda sekarang, dan di mana masa depannya. Mengelola inventaris Anda berarti tidak hanya menyimpan barang dalam persediaan, tetapi mengetahui apa yang laris manis, apa yang mungkin laku di masa depan, dan apa yang tidak berfungsi.

WooCommerce menawarkan berbagai laporan analitik terperinci, yang merupakan kunci untuk memahami kebutuhan bisnis Anda. Mereka dapat memandu keputusan Anda dengan memberi Anda akses lengkap ke data Anda dalam bagan yang mudah dibaca dan dapat diurutkan. Kamu bisa belajar:

  • Berapa total penjualan Anda untuk jangka waktu tertentu.
  • Berapa banyak barang yang Anda jual berdasarkan individu atau kategori.
  • Berapa banyak pengembalian dana yang Anda keluarkan.
  • Kupon mana yang paling populer.
  • Dan banyak lagi!

Dengan metrik utama ini, Anda dapat secara akurat memutuskan apa yang harus dipesan ulang, dan kapan, untuk margin keuntungan maksimum.

Pertahankan pelanggan dalam lingkaran

Kehabisan item Anda yang paling populer dapat — dan akan — terjadi dari waktu ke waktu. Pastikan pelanggan Anda selalu up to date dengan informasi stok terbaru, untuk menghindari kekecewaan dan mendorong penjualan di masa depan. 

produk tersedia untuk pre-order

Pertimbangkan untuk menambahkan ekstensi seperti:

  • Daftar Tunggu WooCommerce . Beri tahu pelanggan saat barang yang mereka inginkan tersedia kembali dan ekspor daftar pelanggan yang menunggu setiap produk.
  • Pre-Order WooCommerce . Pastikan Anda memiliki stok yang cukup untuk peluncuran produk dengan mengizinkan pelanggan terbaik Anda untuk memesan terlebih dahulu.
  • Tindak Lanjut . Beri tahu pembeli sebelumnya tentang produk yang dihentikan atau item populer yang tersedia kembali.

Manajemen inventaris yang sukses berarti toko yang sukses

Saat Anda berada di atas apa yang masuk dan keluar, Anda dapat menjaga operasi berjalan lancar. Kurangi penjualan yang terlewatkan karena barang yang kehabisan stok sambil memaksimalkan efisiensi dengan mengidentifikasi dan menghilangkan produk yang berkinerja buruk. 
Yang terpenting, sistem manajemen inventaris yang otomatis, akurat, dan efisien adalah persyaratan utama jika Anda ingin meningkatkan skala toko Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendelegasikan tanggung jawab dan merebut kembali waktu Anda untuk tugas-tugas yang paling penting.

Selamat! Hanya dengan beberapa alat ini, Anda akan menuju toko yang lebih besar dan lebih efisien. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top